Orang Introvert Nggak Bisa Jualan? Eits! Baca Ini Dulu Deh!

“Wah…gw ga bakat jualan!”
“Ga mungkin lah gw bikin olshop, ngobrol sama strangers ajah males bet!”

Yep! Statements diatas NJ lontarkan sekitar 3 tahun yang lalu ketika seorang klien NJ nanya kenapa koq NJ ga jualan online. Wkwkwk…

Mindset NJ waktu itu, jualan, entah itu offline dan online, sama-sama musti jadi “people person” yang perhatian sama pelanggan supaya produk jualannya laris. That’s why, NJ pilih ngerjain jasa daripada jualan produk. Namanya orang introvert, males amat ya kan ngobrol sama orang.

Tapi…semua itu berubah ketika negara api menyerang…eh bukan…ketika kepepet dan butuh uang tambahan dengan waktu & tenaga yang sangat minimal. Tahun 2017 dan 2018 sempat jadi tahun yang sangat berat buat NJ. Masalah demi masalah datang silih berganti dan membuat NJ beneran lost focus buat ngerjain pesenan klien. Beberapa klien yang minta dibikin website atau dibikin strategi teknis untuk perusahaan mereka sempat NJ tolak karena semua sumber daya dan tenaga NJ udah habis buat urus pindahan kosan lah, nyelesein masalah keluarga lah, dll.

Sekitar bulan kedua di tahun 2018, NJ mulai coba usaha bikin custom case karena tertarik dengan penawaran dari dropshipaja.com. NJ udah coba jalanin jadi dropshipper custom case dan menyerah dengan ribetnya pembeli yang permintaannya ngeri-ngeri sedap. Profit nggak banyak, bikin emosi hahaha…Bukan karena sistemnya yang ga bagus sih ya, tapi emang NJ nya ajah yang ga sabar dengan model jualan dropship gini.

Bukan hanya dropship custom case, NJ juga usaha afiliasi ebook dan software internet marketing. Bukan karena karakter introvert NJ yang menghalangi, kali ini adalah karena keterbatasan product knowledge dari produk-produk yang NJ tawarin. Kelihatannya sih simple, elo cuma perlu sebar link ajah kalo orang tertarik bakalan beli dan elo dapet komisi dari marketplace produk digital nomer satu di Indonesia. Simple kan? Simple apanya! NJ yang nerd level dewa gini ajah susah memahami produk-produk yang ditawarin sama mereka. Belum lagi, produk harga terjangkau besutan programmer dalam negeri masih banyak komplain karena bugs yang tidak tertangani dengan baik.

Nah, gimana tuh NJ koq sampe bisa bikin olshop ebook yang laris manis?

Suatu hari…(kayak nulis dongeng ajah), salah satu best friend NJ nanyain tentang satu judul ebook ke NJ.

“Nat punya nggak ebook ini? Cariin donk kalau pas selo.”

NJ coba deh nyari itu ebook dan ga ketemu. Akhirnya dia beli sih di Playbooks. Haha…

Dari sebuah momen biasa saja itu, NJ jadi kepikiran kenapa NJ ga jualan ebook ajah. Toh NJ itu hobby baca buku juga. Pertengahan tahun 2018, NJ banting setir dari dropship custom case jadi jualan ebook. Untuk ebook bahasa Indonesia, NJ cari supplier, sedangkan ebook bahasa Inggris, NJ dapatkan dari hasil searching. Keahlian NJ sih searching sampe ke bagian-bagian tersembunyi di internet. Wkwkwkw….

Pertama kali jualan ebook, NJ langsung tembak judul buku yang lagi most wanted di waktu itu dan pasang di Shopee. Gils! Ebook Novel Indonesia langsung boom laris manis. NJ langsung balik modal dalam waktu 1 hari. Dua bulan NJ berjualan ebook lokal dan internasional dengan profit jutaan.

Agustus 2018, NJ berhenti jualan ebook lokal dan khusus jualan ebook internasional.

“Lah kenapa berhenti padahal kan profitnya gede dan marketnya luas?”

Alasan pertama, ebook lokal NJ ga bisa jamin kelengkapan lembarnya dan NJ ga bakalan nge cek karena NJ ga suka baca fiksi.

Alasan kedua, NJ lebih minat baca ebook international best seller karena memang kontennya ga diragukan lagi bobotnya.

Alasan ketiga, saingannya banyak sih kalau ebook lokal. Kalau ebook internasional itu rada susah didapat dan harga aslinya muahal!

So…banyak pembeli bukan tujuannya, tapi banyak pembeli yang beli lagi itu yang jadi tujuannya.

Oxthentic, olshop NJ di Tokopedia, menjadi olshop khusus menjual ebook yang rilis di kindle, amazon, dan platform digital internasional. Transaksi selesai hanya dalam hitungan menit dan cukup pake handphone. Ga ribet atur shipping dan ga mengganggu kerjaan utama. Menariknya lagi, NJ ga perlu ribet jadi sales person yang harus banyak basa-basi karena biasanya audience market NJ yang doyan baca buku itu juga bukan orang yang butuh basa-basi.

Sekarang, pelanggan mingguan Oxthentic mencapai belasan orang dengan rata-rata pembelian mingguan 5-10 ebook. Omset bulanan cukup banget lah buat tambahan uang saku dan tabungan. Next target pastinya supaya bisa beli rumah dan investasi.

Seorang miliader harus punya multiple source of income, kan? So… NJ ga bakalan puas hanya dengan jualan ebook ajah nih buat side hustle! Selama masih ada waktu senggang yang bisa dipake, NJ masih mau ngerjain hal-hal lain yang menguntungkan. Ada ide lagi? Tulis dah di kolom komen!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *