Resensi Buku: Own The Day Own Your Life – Aubrey Marcus

Jika saya diminta menyebutkan satu buku yang mengubah hidup saya untuk selamanya, saya akan langsung menyebutkan buku ‘Own The Day Own Your Life‘ sebagai buku yang memiliki dampak luar biasa bagi hidup saya.

Isi buku ini berbeda dengan buku-buku sejenis yang membahas tentang habit/kebiasaan sehari-hari. Setiap bagian di dalam buku ini menyingkapkan hal-hal baru dan terkadang berbeda dengan standar yang diterima secara umum. Di bagian akhir buku ini terdapat catatan ilmiah yang mendasari setiap pembahasan. Jadi, ketika kita membaca lembar demi lembar buku ini, kita tidak hanya belajar dari pengalaman sang penulis, tetapi kita pun belajar berdasarkan bukti ilmiah.

Aubrey Marcus (penulis buku Own The Day Own Your Life) adalah pendiri dan CEO dari Onnit, sebuah perusahaan di Amerika Serikat yang menjanjikan ‘Total Human Optimization.‘ Onnit menyediakan program olahraga, suplemen kesehatan, dan metode untuk meningkatkan kemampuan otak demi mencapai kondisi paling prima yang manusia bisa miliki.

Apa saja sih hal-hal penting yang bisa Anda temukan di buku ini? Berikut ini adalah beberapa kutipan dari buku Own The Day Own Your Life yang saya catat sebagai pengingat di jurnal baca saya.

  1. To live one day well is the same as to live ten thousand days well. To master twenty-four hours is to master your life.
    Memenangkan satu hari dalam hidup kita, sama baiknya dengan memenangkan seluruh hidup kita. Ketika kita berhasil melewati satu hari dengan baik, kita telah memiliki ‘modal awal’ untuk keseluruhan hidup yang lebih baik.
  2. How you wake up sets the tone for your day. Water. Light. Movement.
    Bagaimana kita mengawali hari, akan mempengaruhi sepanjang hari yang akan kita jalani. Mulailah dengan menghidrasi tubuh Anda dengan air putih yang cukup, keluarlah dan biarkan sinar mentari pagi menyentuh lembut kulit Anda, dan bergeraklah supaya tubuh Anda siap melakukan berbagai macam kegiatan berikutnya.
  3. Cold is one of those good, acute stressors that makes us hearty and resilient.
    Jangan takut mandi dengan air dingin. Banyak keuntungan jika kita mandi dengan air dingin.
  4. More Fat, Less Sugar, or Don’t Eat
    Ini adalah prinsip diet yang membuat saya berhasil menurunkan 10 kilogram lemak tubuh dalam 1 tahun. Berbeda dengan pendapat para ahli di dekade sebelumnya yang menyatakan bahwa kita harus mengurangi asupan lemak, buku ini membahas manfaat lemak dan mengapa kita harus sebisa mungkin menghindari gula.
  5. Those who consistently choose alive time will have a significant advantage in life.
    Jutaan orang tidak menyadari…bahwa waktu hidup mereka habis untuk hal-hal yang tidak berguna. Di bab ini, Aubrey Marcus mengajarkan kita menggunakan waktu kosong untuk hal yang lebih berguna.
  6. The plants are not the enemy. They are allies—tools to be used for enhancing performance and the enjoyment of our lives.
    Di bagian ini, kita akan menemukan nama-nama tanaman yang berguna bagi tubuh kita jika kita mengonsumsinya dengan benar. Ada beberapa jenis tanaman yang ilegal dikonsumsi di Indonesia, jadi jangan kaget jika Anda membaca bahwa tanaman-tanaman tersebut juga memiliki peran penting bagi kesehatan ASAL DIKONSUMSI sesuai dosis yang TEPAT.
  7. More important than enjoying every minute of the work you do is knowing why you are doing it.
    Banyak buku yang membahas mengenai passion dalam bekerja, menemukan arti hidup dalam pekerjaan, dlsb. Aubrey Marcus menyampaikan tentang prinsip=prinsip bekerja secara singkat, padat, dan jelas. Bukan hanya mengenai prinsipnya saja, bab ini menjelaskan apa yang harus dilakukan supaya tubuh kita tidak “rusak” karena kebiasaan bekerja yang salah.
  8. Admit when you are tired and get comfortable with napping during the day to supplement your daily intake of sleep.
    Kita perlu tidur siang. Anggapan yang salah mengenai perlunya tidur 8 jam sehari dalam satu waktu sudah sering dibahas di berbagai buku kesehatan. Intinya, dengarkan apa kata tubuh Anda. Ketika engkau butuh istirahat, segeralah istirahat. Tidur siang bisa jadi sebuah waktu rehat yang membuat kita bisa bekerja lebih produktif setelah bangun.
  9. Exercise: the miracle drug
    Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa berolahraga memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia moderen. Bahkan, olahraga adalah obat mujarab untuk mengatasi susah tidur, depresi, kelelahan, dll.
  10. Connect with yourself and the others.
    Setelah bekerja seharian, ambillah waktu untuk ‘me-time’. Baik Anda menggunakan waktu untuk melakukan hobi pribadi, beristirahat, atau berbincang dengan teman-teman Anda di kedai kopi, semuanya itu akan meningkatkan mood Anda.
  11. Ensure you are creating favorable sex conditions by supporting hormone balance.
    Aktivitas seks tidak hanya tentang apa yang kita lakukan di atas ranjang. Apa yang kita makan, bagaimana kita menjaga tubuh dan pikiran kita, akan mempengaruhi kualitas seksual.
  12. Sleep turns the dreams about your health into a reality.
    Sebagian orang bangga dengan minimnya waktu tidur mereka karena mereka merasa lebih produktif mengerjakan side-jobnya di malam hari. Memang sebuah tidur yang berkualitas tidak dinilai dengan durasinya, namun Anda tetap harus memperhatikan kualitas tidur Anda dengan tidur yang teratur. Sekali lagi, miliki kepekaan dengan tubuh Anda.

Bagi saya buku “Own The Day Own Your Life” merupakan satu paket lengkap untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca urut setiap bab adalah seperti membayangkan apa yang saya lakukan dari membuka mata sampai hendak tidur. Dari buku ini, saya belajar menata kembali agenda harian saya, disiplin waktu, dan benar-benar hidup dengan kesadaran penuh setiap detiknya.

Semoga resensi buku Own The Day Own Your Life ini berguna bagi Anda!

One Love!
Natasha Jeconiah

Own the Day, Own Your Life

Optimized Practices for Waking, Working, Learning, Eating, Training, Playing, Sleeping, and Sex

Aubrey Marcus

81Y4CxJolIL

GENRE
Self-Development

RELEASED
April 17, 2018

LANGUAGE
English

LENGTH
448 Pages

PUBLISHER
Harper Wave

SELLER
HARPERCOLLINS PUBLISHERS

SIZE
9.1 MB

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *