Kisah Tanpa Faedah: Tarik Tabungan

Suatu hari, seorang karyawan swasta datang ke bank utuk mengambil tabungannya. Ketika ia sampai di bank tersebut, ia terkejut karena di Mesin ATM tertulis: “Pengambilan Dana mulai sekarang hanya dilayani melalui teller.

Pria itu kemudian masuk ke dalam gedung dan mengisi lembar penarikan. Betapa kagetnya dia ketika ia mendapati lembar penarikan dengan kolom isian yang tidak biasa. Syarat penarikan yang tertera adalah sbb:

– Nama:
– Nomor rekening:
– Nominal uang yang akan diambil:
– Tujuan penarikan uang
– ACC/Tanda tangan dari manajer bank

What?? Kenapa harus ada ACC dari sang manajer? Karena ia sangat membutuhkan uang yang sudah ia tabung di bank itu, mau tidak mau ia harus mengikuti prosedurnya. Ia mengantri untuk bertemu dengan sang manager.

Di ruang manager, terjadilah percakapan seperti ini:

Manajer: “Pak..Anda mau ambil uang 5 juta ya? Untuk apa?”

Nasabah: “Iya pak, itu kan uang tabungan saya to.. kok harus ditanya tujuan pemakaiannya? Dulu kan nggak gitu ya pak.”

Manajer: “Loh.. kan saya yang nanya.. kok gantian situ yang nanya!” (dengan nada tinggi)

Nasabah: “Pake buat banyak lah pak.. ini kan abis idul fitri..kebutuhan banyak.”

Manajer: “Memangnya lebaran kemaren kamu abisin buat apa ajah? Saya harap bapak bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan..kalau nggak perlu-perlu amat, nggak perlu lah keluar uang.”

Nasabah: “Kok malah ngurusin hidup saya to pak..saya cuma mau ambil hak saya lho..uang saya sendiri..kok dipersulit dan pake diwejang-wejangin segala..”

Manajer: “Tolong bapak pahami ya.. ini bank dengan standar global…internasyenel.. harusnya bangga bapak diterima sebagai nasabah di bank ini, bukannya malah protes. Tujuan kami baik pak, biar bapak bisa makin kaya karena bank kami menjamin setiap nasabah bijak dalam keuangan.”

Nasabah: “Terus ini bagaimana pak? Saya bisa ambil uang saya nggak? Saya bisa telat masuk kantor kalau kelamaan disini.”

Manajer: “Kali ini saya acc Anda untuk bisa ambil uangnya. Tapi besok lagi tolong hanya kalau Anda perlu saja baru Anda ambil uangnya, jangan boros-boros.”

Akhirnya, pria ini mendapat acc manajer bank dan mengambil uang yang ia perlukan. Sejak hari itu, ia tak pernah mengisi tabungannya di bank tersebut dan pindah ke bank lain.

Maaf kalau panjang..namanya juga cuma kisah tanpa faedah… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *