Xenoglosofilia: Setiap Penulis Wajib Baca Buku Ini!

Xenoglosofilia, buku dari Ivan Lanin ini sudah saya incar sejak pertama kali launching. Karena saya masih punya banyak buku buat dibaca, baru pekan kemarin saya benar-benar selesai membaca buku ini.

Sampul merah buku ini sangat eye-catchy. Dengan tagline “kenapa harus nginggris” buku ini langsung “klik” ke saya. Hehe, sejak mulai nge-blog di tahun 2012 sampai sekarang, kebiasaan menulis dengan Bahasa Indonesia campur Inggris sering dijumpai di tulisan saya. Saya hanya menggunakan bahasa Indonesia formal sesuai kaidah yang benar ketika mengerjakan proyek penulisan saja.

Buku Xenoglosofilia ini jadi solusi untuk beberapa permasalahan yang kadang saya jumpai ketika menulis dengan bahasa Indonesia secara formal, terutama ketika saya menemukan istilah bahasa Inggris kekinian yang belum ada terjemahan resminya.

Buku ini tidak hanya memuat istilah-istilah yang baru, namun juga alasan terbentuknya sebuah kata baru, dan kesalahkaprahan berbahasa yang sering kita temui sehari-hari.

Beberapa hal menarik yang bisa Anda temui di buku ini:

  • Apa perbedaan antara pijat dan pijit
  • Pencinta atau pecinta?
  • Ke luar atau keluar?
  • Musisi, musikus, atau pemusik?
  • Pranala atau tautan?

Satu kata baru bagi saya yang sangat berkesan setelah membaca buku ini adalah:

Kata sarwega yang memiliki makna “hadir di mana-mana” cukup enak dilafalkan dan sangat pas untuk dipakai untuk istilah rohani maupun teknis.

Ivan Lanin, penulis buku Xenoglosofilia, adalah seorang Wikipediawan pencinta bahasa Indonesia yang giat mengkampanyekan penggunaan bahasa Indonesia di jejaring sosial. Saya mengikuti Ivan Lanin di Twitter dan sangat menyukai setiap twit tentang bahasa yang ia sampaikan.

Buku Xenoglosofilia tidak hanya berguna bagi penulis, jurnalis, dan narablog. Jika Anda adalah seorang copywriter, buku ini akan sangat bermanfaat untuk memperkaya kosakata dan menghindarkan Anda dari kesalahan berbahasa.

Anda bisa mendapatkan buku Xenoglosofilia yang ditulis oleh Ivan Lanin ini di Gramedia terdekat maupun secara daring (online) di toko buku favorit Anda.

Xenoglosofilia
Kenapa Harus Nginggris?

Ivan Lanin

cover xenoglosofia

Jumlah Halaman
232

Tanggal Terbit
28 Mei 2018

ISBN
9786024124120

Bahasa
Indonesia

Penerbit
Penerbit Buku Kompas

Berat
0.200 kg

Lebar
13 cm

Panjang
19 cm

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *